Mengenai Bacaan Qunut Bagian تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ
وروى البيهقي عن ابن عباس لفظ ربنا بعد تباركت قال الرافعي وزاد العلماء فيه قبل تباركت ولا يعز من عاديت بفتح الياء وكسر العين أي لا يحصل له عزة أي قوة ويجوز ضم الياء وفتح العين أي لا يعزه أحد هـ من حاشية الشيخ عبدالكريم على الستين
بزيادة
Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang adanya lafadz رَبَّنَا setelah lafadz تباركت. Rofi’i berkata, Para ulama menambahkan lafadz وَلا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ sebelum lafadz تباركت
Yuk baca juga artikel tentang Makna Bacaan Qunut
Lafadz “يعز” adalah dengan fathah pada huruf /ي/ dan kasroh pada huruf /ع/
artinya; Tidak ada kekuatan bagi hamba-hamba yang Engkau musuhi. Boleh dengan mendhommah huruf /ي/ dan menfathah huruf /ع/ sehingga menjadi “يعز” , artinya; Tidak ada satu pun yang mengalahkan Allah.
Demikian ini terkutip dari Khasyiah Sittin oleh Syeh Abdul Karim dengan sedikit memberikan tambahan sendiri dalam kutipan tersebut.
ويأتي به إمام بلفظ الجمع فيقول اهدنا وهكذا وأما لفظ ربنا فيختص بالجمع ولو كان منفرداً اتباعاً للوارد
Sebagai imam, ketika ia membaca qunut, ia menggunakan dhomir jamak, jadi lafadz اهدني menjadi اهدنا
Adapun lafadz ربنا dan seterusnya. maka hanya menggunakan dhomir jamak meskipun musholli sholat sendirian karena ittibak (mengikuti) riwayat yang sampai pada kita.
Yuk subscribe Akun Youtube Belajar Sholat