Meminta Perlindungan Kepada Allah dari Segala Macam Keburukan
الاستعاذة من مجامع الشر
فإذا أتى بها المصلي أمر أن يستعيذ بالله من مجامع الشر كله، فإن الشر إما عذاب الآخرة وإما سببه فليس الشر إلا العذاب وأسبابه، والعذاب نوعان: عذاب في البرزخ وعذاب في الآخرة، وأسبابه: الفتنة، وهي نوعان كبرى وصغرى، فالكبرى فتنة الدجال وفتنة الممات، والصغرى فتنة الحياة التي يمكن تداركها بالتوبة بخلاف فتنة الممات وفتنة الدجال، فإن المفتون فيهما لا يتداركها
Setelah selesai membaca tahiyyat, orang yang sholat diperintahkan untuk meminta perlindungan kepada Allah dari segala macam keburukan. Adapun keburukan bisa berbentuk siksaan di neraka ataupun hal-hal yang menghantarkan ke neraka. Keburukan tiada lain adalah siksaan dan penyebabnya.
Adapun siksaan ada dua macam; siksaan di dalam kubur dan siksaan di akhirat. Sedangkan hal-hal yang menyebabkan siksaan adalah fitnah, yaitu ada dua; fitnah besar dan fitnah kecil.
Fitnah besar adalah fitnah berupa Dajjal dan berupa fitnah kematian. Sedangkan fitnah kecil adalah fitnah di dunia yang mungkin bisa diatasi dengan taubat, beda halnya dengan fitnah kematian dan fitnah Dajjal yang tidak bisa diatasi dengan taubat.
Berdoa Sebelum Salam
الدعاء قبل السلام
ثم شرع له من الدعاء ما يختاره من مصالح دنياه وآخرته والدعاء في هذا المحل قبل السلام أفضل من الدعاء بعد السلام وأنفع للداعي، وهكذا كانت عامة أدعية النبي صلى الله عليه وسلم كلها، كانت في الصلاة من أولها إلى آخرها فكان يدعو في الاستفتاح أنواعًا من الدعاء، وفي الركوع، وبعد رفع رأسه منه، وفي السجود وبين السجدتين وفي التشهد قبل التسليم، وعلم الصديق دعاءً يدعو به في صلاته، وعلمَ الحسن بن علي دعاءً يدعو به في قنوت الوتر، وكان إذا دعا لقوم أو على قوم جعله في الصلاة بعد الركوع ومن ذلك أن المصلي قبل سلامه في محل المناجاة والقربة بين يدي ربه، فسؤاله في هذه الحال أقرب إلى الإجابة من سؤاله بعد انصرافه من بين يديه
Selanjutnya disyariatkan berdoa untuk kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Doa sebelum salam adalah lebih baik dan lebih bermanfaat bagi orang yang berdoa daripada doa setelah salam. Begitulah kebiasaan Nabi dalam melakukan doa, yaitu dari permulaan sholat sampai penghujung sholat. Pada saat pembukaan sholat Nabi memanjatkan doa dengan beberapa doa, begitu pula pada saat rukuk, setelah mengangkat kepala dari rukuk, pada saat sujud, pada saat duduk di antara dua sujud dan pada saat tasyahhud sebelum salam.
Rasulullah telah mengajarkan doa yang biasa dipanjatkan pada saat sholatnya kepada Abû Bakar. Selain itu, beliau juga mengajarkan kepada Al-Hasan bin Ali doa yang biasa dipanjatkan pada saat qunut dalam sholat witir. Adapun Rasulullah ketika mendoakan kepada suatu kaum, baik doa berupa keselamatan maupun doa berupa laknat, beliau melaksanakannya setelah rukuk.
Oleh karenanya, sebelum mengucapkan salam di akhir sholat, seseorang masih berada dalam tempat munajat dan taqarrub di hadapan Tuhan-nya. Doa yang dipanjatkan pada saat itu sangatlah mungkin dikabulkan dari pada doa yang dipanjatkan setelah selesai dari munajat di hadapan Tuhan nya. Yuk Baca juga artikel : Salam Dalam Sholat
وقد سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع؟ فقال: «جوف الليل وأدبار الصلوات المكتوبة» (1) ودبر الصلاة جزؤها الأخير كدبر الحيوان ودبر الحائط، وقد يراد بدبرها ما بعد انقضائها بقرينة تدل عليه كقوله: «يُسبحون الله ويحمدونه ويكبرونه دبر كل صلاة ثلاثًا وثلاثين» فهنا دبرها بعد الفراغ منها، وهذا نظير انقضاء الأجل، فإنه يراد به، ولما يفرغ، ويراد به فراغها وانتهاؤها.
ثم ختمت بالتسليم، وجعل تحليلاً لها يخرج به المصلي منها كما يخرج بتحليل الحج منه، وجعل هذا التحليل دعاء الإمام لمن وراءه بالسلامة التي هي أصل الخير وأساسه، فشرع لمن وراءه أن يتحلل بمثل ما تحلل به الإمام
Suatu ketika Nabi pernah ditanya, doa yang bagaimana yang lebih didengar (dikabulkan)?
Nabi menjawab, “(Doa) pada pertengahan malam dan dubur ash-shalah al maktubah” (sctclah sholat wajib)”, Maksud dari dubur ash-shalah adalah bagian terakhir dari sholat sebagaimana dubur al-hayawân adalah buntut binatang.
Ada pula yang mengatakan maksud dari dubur ash-shalah adalah selepas sholat dengan dalil sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Mereka membaca tashih kepada Allah, memuji-Nya dan mengagungkan-Nya (pada saat) “dubur ash-shalah” (setelah sholat) sebanyak tiga puluh tiga kali.
Hadis ini menyatakan bahwa yang dimaksud dengan dubur ash-sholah adalah sehabis sholat. Permasalahan yang sama juga ada pada kata inqidha al-ajal (akhir ajal) yang dimaksud adalah akhir ajal dan bukan setelah hilangnya ajal. Ada pula yang menyatakan maknanya adalah pada saat selesai dan hilangnya ajal.
Kemudian sholat diakhiri dengan ucapan salam. Salam dalam sholat dijadikan sebagai tahallul (boleh melakukan barang yang halal), semisal tahallul dalam ibadah haji. Tahallul ini oleh imam sholat dijadikan sebagai saat untuk mendoakan jamaah di belakangnya dengan doa keselamatan yang merupakan asal dan dasar dari segala kebaikan. Jamaah yang berada di belakang imam hendaklah menjadikan saat itu sebagai tahallul sebagaimana yang dilakukan oleh imam.
وفي ذلك دعاء له وللمصلين معه بالسلام، ثم شرع ذلك لكل مصل، وإن كان منفردًا فلا أحسن من هذا التحليل للصلاة كما أنه لا أحسن من كون التكبير تحريمًا لها، فتحريمها تكبير الرب تعالى الجامع لإثبات كل كماله له، وتنزيهه عن كل نقص وعيب، وإفراده وتخصيصه بذلك وتعظيمه وإجلاله، فالتكبير يتضمن تفاصيل أفعال الصلاة وأقوالها وهيئاتها.
فالصلاة من أولها إلى آخرها تفصيل لمضمون: «الله أكبر» وأي تحريم أحسن من هذا التحريم المتضمن للإخلاص والتوحيد؟ وهذا التحليل المتضمن الإحسان إلى إخوانه المؤمنين. فافتتحت بالإخلاص، وختمت بالإحسان
Dengan demikian, salam adalah doa bagi imam dan para makmum yang berjamaah dengannya sebagai doa keselamatan.
Selanjutnya salam disyariatkan kepada setiap orang yang melakukan sholat meskipun tidak berjamaah. Sungguh betapa indahnya salam sebagai tahallul dalam sholat sebagaimana takbir adalah tahrim (mengharamkan segala yang dilarang ketika melaksanakan sholat) dalam sholat. Tahrim dalam sholat sebenarnya adalah mengagungkan Allah yang memiliki segenap sifat kesempurnaan, menyucikan Allah dari segala bentuk sifat kurang dan cacat serta mengesakan Allah, mengagungkan dan memuliakan-Nya dengan sifat-sifat itu. Dengan demikian, takbir mcrupakan perincian dari setiap gerakan, perkataan, dan keadaan dalam sholat.
Sholat, dari awal sampai akhir merupakan perincian dari kandungan lafaz Allâhu Akbar (Allah Maha besar). Adakah tahrim yang lebih baik dari tahrim yang mencakup makna ikhlas dan tauhid, Sedangkan tahallul terscbut mencakup makna ihsan (berbuat baik) kepada saudara sesama mukmin. Dengan demikian, sholat diawali dengan keikhlasan dan diakhiri dengan kebaikan. yuk Subscribe Akun Youtube Belajar Sholat