Memasrahkan Diri
تسليم النفس
ولما كان العبد بين أمرين من ربه عز وجل:
1 – أحدهما: حُكمٌ عليه في أحواله كلها ظاهرًا وباطنًا واقتضاؤه منه القيام بعبودية حكمه فإن لكل حكم عبودية تخصه، أعني الحكم الكوني القدري.
2 – والثاني: فعل يفعله العبد عبودية لربه، وهو موجب حكمه الديني الأمري، وكلا الأمرين يوجبان تسليم النفس إليه تعالى.
ولهذا اشتق له اسم الإسلام من التسليم، فإنه لما أسلم نفسه لحكم ربه الديني الأمري ولحكمه الكوني القدري بقيامه بعبوديته فيه لا باسترساله معه استحق اسم الإسلام فقيل له مسلم
Manakala seorang hamba dihadapkan kepada dua perkara dari Tuhan-Nya:
- Hukum dalam segala hal baik yang lahir maupun yang batin serta adanya tuntutan untuk melaksanakan ibadah, maka masing-masing hukum memiliki ibadah tersendiri secara khusus. Artinya, hukum semesta.
- Perbuatan yang dilakukan oleh seorang hamba dalam beribadah kepada Tuhannya. Dalam hal ini menuntut adanya hukum agama yang sifatnya perintah.
Dalam dua perkara tersebut, seorang hamba wajib memasrahkan diri kepada Tuhannya. Oleh karenanya, kata Islam merupakan pecahan dari kata at-Taslim yang maknanya adalah pasrah. Seseorang yang memasrahkan diri kepada perintah agama dari Tuhan-nya maupun hukum semesta, dengan cara melakukan ibadah kepada Tuhannya, dan bukan seenaknya sendiri, maka dia pantas membawa nama Islam, sehingga dia memiliki predikat sebagai seorang muslim. Baca Juga Artikel Tentang : Ringkasan Tata Cara Shalat Jenazah Untuk Laki-Laki dan Wanita
Bentuk Sholat
صورة الصلاة
ولما اطمأن قلبه بذكره وكلامه ومحبته وعبوديته، سكن إليه وقرت عينه به فنال الأمان بإيمانه، وكان قيامه بهذين الأمرين أمرًا ضروريًا له، لا حياة له، ولا فلاح ولا سعادة إلا بهما.
ولما كان ما بُلي به من النفس الأمارة والهوى المقتضى أو الطباع المطالبة، والشيطان المغوي، يقتضي منه إضاعة حظه من ذلك أو نقصانه، اقتضت رحمة العزيز الرحيم أن شرع له الصلاة مخلفة عليه ما ضاع منه رادة عليه ما ذهب، مجددة له ما أخلق من إيمانه، وجعلت صورتها على صورة أفعاله خشوعًا وخضوعًا، انقيادًا وتسليمًا وأعطى كل جارحة من الجوارح حظها من العبودية، وجعل ثمرتها وروحها إقباله على ربه فيها بكليته، وجعل ثوابها وجزاءها القرب منه ونيل كرامته في الدنيا والآخرة، وجعل منزلتها ومحلها الدخول على الله تبارك وتعالى والتزين للعرض عليه تذكيراً بالعرض الأكبر عليه يوم القيامة
Tatkala hati seseorang sudah tenang dan selesai dari membaca zikir, firman Allah, dan menyembah kepada Allah, maka dia akan merasa nyaman dan pandangan matanya menjadi sejuk. Dengan demikian, keimanannya menyebabkan dia merasa aman. Dua perkara ini – kenyamanan dan kesejukan pandangan adalah sesuatu yang harus dimilikinya. Sebab, tidak ada kehidupan, kebahagiaan dan kegembiraan kecuali dengan dua perkara itu.
Hawa nafsu, amarah, watak yang buruk, dan setan yang menjerumuskan, semuanya menyebabkan kebahagiaan yang seharusnya dimiliki seorang hamba lenyap ataupun berkurang, Oleh karenanya, Allah dengan kasih sayang-Nya mensyariatkan bagi hamba-Nya untuk menunaikan sholat.
Hal ini bertujuan supaya menjadi pengganti atas apa yang hilang, mengembalikan apa yang pergi dan memperbaharui keimanan yang mulai luntur.
Bentuk-bentuk gerakan dalam sholat
,disesuaikan supaya tercipta khusyuk, merendahkan diri, mengikuti dan memasrahkan diri. Artinya, setiap anggota tubuh memiliki tugas tersendiri dalam hal beribadah. Sedangkan buah dan ruh sholat adalah menghadap kepada Tuhan-nya dengan seluruh jiwa. Adapun pahala dan balasan atas sholat adalah menjadi lebih dekat kepada Allah dan memperoleh anugerah-Nya di dunia dan akhirat. Sedangkan derajat dari sholat adalah berusaha masuk ke hadirat Allah dan menghiasi diri sebagai persiapan menghadapi Hari yang Agung yaitu Hari Pertemuan dengan Allah. Yuk SubScribe : Akun Youtube Belajar Sholat