Wa Ash-Shalawât (Seluruh shalawat)
والصلوات
ثم عطف عليها الصلوات بلفظ الجمع والتعريف ليشمل كل ما أطلق عليه لفظ الصلاة خصوصًا وعمومًا فكلها لله لا تنبغي إلا له فالتحيات له ملكًا، والصلوات له عبودية واستحقاقًا فالتحيات لا تكون إلا له والصلوات لا تنبغي إلا له
Setelah itu diathafkan lafaz “Ash-Shalawât” yang dipakai dalam bentuk jama’ dan makrifat supaya menunjukkan makna shalawat secara khusus dan umum. Seluruh shalawat hanyalah milik Allah. Penghormatan ditujukan kepada kerajaan-Nya sedangkan shalawat adalah realisasi ibadah dan penghambaan diri kepada-Nya. Jadi, penghormatan tidak pantas melainkan hanya kepada-Nya dan shalawat tidak layak kecuali untuk-Nya. Baca Juga Artikel Tentang : Bacaan Doa Tahiyat / Tasyahud Awal
Wa Ath-Thayyibât
والطيبات
ثم عطف عليها الطيبات كذلك، وهذا يتناول أمرين: الوصف والملك.
فأما الوصف فإنه سبحانه طيب، وكلامه طيب، وفعله كله طيب، ولا يصدر منه إلا الطيب، ولا يضاف إليه إلا الطيب، ولا يصعد إليه إلا الطيب فالطيبات له وصفًا وفعلاً وقولا ونسبة، وكل طيب مضاف إليه، وكل مضاف إليه طيب، فله الكلمات الطيبة والأفعال الطيبات، وكل مضاف إليه كبيته وعبده وروحه وناقته وجنته فهي طيبات.
Selanjutnya lafaz “Ath-Thayyibat” diathafkan pada lafaz ” Ash-Shalawât. Dalam hal ini “Ath-Thayyibât” (segala kcbaikan) mencakup dua makna; sifat dan kerajaan.
Adapun makna sifat Allah adalah Zat Yang Maha baik, perkataan-Nya baik, pekerjaan-Nya baik, baginya tidak ada selain kebaikan, tidak ada yang disandarkan kepada-Nya selain kebaikan dan tidak ada yang bisa baik kepada-Nya melainkan amal perbuatannya yang baik.
Dengan demikian, “Ath-Thayibat” adalah sifat, perbuatan, perkataan dan penisbatan. Setiap hal yang baik disandarkan kepada-Nya dan segala sesuatu yang disandarkan kepada-Nya pastilah menjadi baik. Bagi-Nya seluruh perkataan yang baik dan seluruh perbuatan yang baik. Segala hal yang disandarkan kepada-Nya, semisal rumah-Nya, hamba-Nya, ruh-Nya, unta Nya dan surga-Nya menjadi sesuatu yang baik.
وأيضًا فمعاني الكلمات الطيبات لله وحده فإن الكلمات الطيبات تتضمن تسبيحه وتحميده وتكبيره وتمجيده والثناء عليه بآلائه وأوصافه فهذه الكلمات الطيبات التي يثنى عليه بها ومعانيها له وحده لا يشركه فيها غيره، كسبحانك اللهم وبحمدك وتبارك اسمك وتعالى جدك ولا إله غيرك ونحو سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبرونحو سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
فكل طيب فله وعنده ومنه وإليه، وهو طيب لا يقبل إلا طيبًا، وهو إله الطيبين، وجيرانه في دار كرامته هم الطيبون.
فتأمل أطيب الكلمات بعد القرآن كيف لا تنبغي إلا لله، وهي «سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر، ولا حول ولا قوة إلا بالله».
فإن «سبحان الله» تتضمن تنزيهه عن كل نقص وعيب وسوء، وعن خصائص المخلوقين وشبههم.
و «الحمد لله» تتضمن إثبات كل كمال له قولاً وفعلاً ووصفًا على أتم الوجوه وأكملها أزلًا وأبدًا
Demikian halnya dengan makna-makna yang terkandung dalam kalimat yang baik hanyalah milik Allah semata.
Kalimat yang baik memiliki arti bertasbih kepada-Nya, memuji-Nya, mengagungkan-Nya, memuja-Nya dan menyanjung-Nya atas segala nikmat dan sifat-sifat-Nya.
Kalimat-kalimat ini yang dipakai untuk memanjatkan pujian kepada-Nya, Dialah satu-satunya Tuhan dan tidak ada yang menyekutukan-Nya. Yang sama dengan kalimat ini adalah kalimat,
Subhânakallâhumma wa bihamdika wa tabârakasmuka wa ta alâ jadduka wa là ilâha ghairuka (Mahasuci Engkau Ya Allah dan aku memuji-Mu. Sungguh luhur dan mulia nama-Mu. Hanya Engkaulah Yang Tunggal dan tiada Tuhan selain diri-Mu)
Juga sama dengan kalimat, Subhânallâhi walhamdulillâhi wa lâ ilâha illallâhu wallâbu akbar, (Mahasuci Allah, segala puji hanya milik Allah. Tiada Tuhan selain Allah dan Allah maha besar)
Juga semisal dengan kalimat Subhânallahi wa bihamdihi subhânallahil azhimi (Mahasuci
Allah, aku menyanjung-Nya. Mahasuci Allah lagi Maha agung) Setiap scsuatu yang baik adalah milik-Nya, di sisi-Nya, dari-Nya dan kembali kepada-Nya. Dialah Zat Yang Maha baik dan tidak mau menerima kecuali sesuatu yang baik pula. Dialah Tuhan dari orang-orang yang berbuat baik. Di sekitar-Nya di tempat kemuliaan-Nya adalah orang-orang yang baik.
Pikirkanlah kalimat terbaik setelah al-Qur’an yang tidak pantas kecuali kepada Allah. Kalimat itu adalah, Subhânallähu walhamdulillahi wa là ilâha illallâhu wallahu akbar wa la haula wa lâ quwwata illâ billahi (Mahasuci Allah, segala puji milik Allah, tiada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah, Allah Maha besar, tiada daya dan upaya melainkan dari Allah).
Kalimat Subhânalläh (Mahasuci Allah) mengandung makna menyucikan Allah dari segala kekurangan, cacat maupun keburukan, di samping juga menyucikan dati menyerupai makhluk dan sifat-sifat yang dimiliki makhluk-Nya.
Kalimat Alhamdulilläh (segala puji milik Allah) mengandung makna menetapkan segala kesempurnaan kepada-Nya, baik dalam perkataan, perbuatannya, maupun sifat-Nya semenjak zaman Azali dan selama-lamanya.
و «لا إله إلا الله» تتضمن انفراده بالإلهية، وأن كل معبود سواه فباطل، وأنه وحده الإله الحق وأنه من تأله غيره فهو بمنزلة من اتخذ بيتًا من بيوت العنكبوت يأوي إليه ويسكنه.
و «الله أكبر» تتضمن أنه أكبر من كل شيء وأجل وأعظم وأعز وأقوى وأقدر وأعلم وأحكم، فهذه الكلمات الطيبات لا تصلح هي ومعانيها إلا لله وحده
Kalimat La ilâha illallahu (tiada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah) mengandung makna mengesakan Allah sebagai Tuhan. Segala sesuatu yang disembah selain-Nya adalah batil. Dia-lah satu-satunya Tuhan yang haq, sedangkan seseorang yang bertuhankan selain-Nya seperti halnya seseorang yang menjadikan benalu sebagai tempat tinggalnya.
Dan kalimat Allahu akbar (Allah Maha besar) mengandung arti Dialah yang Maha besar, Maha tinggi, Maha agung, Maha mulia, Maha kuat, Maha kuasa, Maha Mengerti, dan Maha adil. Kalimat kalimat yang baik ini dan makna yang terkandung di dalamnya tidak pantas disandarkan kecuali kepada Allah semata. Subscribe Akun Youtube Belajar Sholat