Hukum Sholat Tarawih Tapi Tidak Sholat Ba’diyah Isya’
Yang lebih shahih tidak sah sholat tarawih sebelum melaksanakan sholat ‘Isya’, dan tidak ada khilaf dari kalangan ahli ilmu. Jadi yang yang benar adalah sholat tarawih dilakukan setelah sholat ‘Isya dan lebih utamanya dikerjakan sesudah sholat ba’diyah Isya’.
Hanya saja, harus dipahami bahwa tidak boleh menyepelekan sholat ba’diyah isya’ karena hukumnya sunnah muakkadah.
Dar ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha, Nabi ﷺ bersabda,
مَنْ ثَابَرَ عَلَى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
“Barangsiapa mengerjakan sholat dua belas rakaat secara kontinyu, maka Allah Azza wa Jalla akan membangunkan rumah untuknya di dalam surga. Empat rakaat sebelum Zhuhur dan dua rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat setelah Maghrib dan dua rakaat setelah Isya, serta dua rakaat sebelum Fajar.” (HR. At-Tirmizi 414, Annasai 1794, Ibnu Majah 1140)
Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :
مَنْ صَلَّى فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ
“Barangsiapa dalam sehari semalam sholat sunnah dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di syurga; empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah maghrib, dua rakaat setelah isya` dan dua rakaat sebelum subuh.” ( HR. Tirmidzi, 380 )
Pun sama dengan sholat tarawih hukumnya sunnah muakkadah. Sebagaimana hadis dari Ibunda ‘Aisyah Radhiallahu ‘anhu.
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ قَالَ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ
Pada suatu malam (di bulan Ramadlan), Rasulullah ﷺ sholat di Masjid, lalu diikuti oleh beberapa orang sahabat. Kemudian (pada malam kedua) beliau sholat lagi, dan ternyata diikuti oleh banyak orang. Dan pada malam ketiga atau keempat mereka berkumpul, namun Rasulullah ﷺ tidak keluar sholat bersama mereka. Maka setelah pagi, beliau bersabda: “Sesungguhnya aku tahu apa yang kalian lakukan semalam. Tiada sesuatu pun yang menghalangiku untuk keluar dan sholat bersama kalian, hanya saja aku khawatir (sholat tarawih itu) akan diwajibkan atas kalian.” (HR. Bukhari 1129, Muslim 761)
Dalam Kasyaaful Qina’ disebutkan,
إن صلى التراويح بعد العشاء وقبل سنتها صح جزما ولكن الأفضل فعلها بعد السنة على المنصوص
Jika sholat tarawih dikerjakan sesudah sholat ‘Isya’ dan sebelum sholat sunnah (ba’diyah) maka hukumnya sah, akan tetapi lebih utama dikerjakan sesudah sholat sunnah ba’diyah sesuai nash.
Wallahu a’lam.