HomeSholat SunnahSholat Sunnah Taubat

Sholat Sunnah Taubat

Sholat Sunnah Taubat

Sholat taubat hukumnya sunnah menurut imam madzhab empat.

Diantara dalil disyariatkannya shola taubat hadis dari Ali bin Abi Talib Radhillahu ‘anhu yang berkata:

كنتُ إذا سمعتُ من النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم حديثًا يَنفعُني اللهُ منه بما شاءَ أن يَنفعَني، فإذا حدَّثني غيرُه استحلفتُه، فإذا حلَف لي صدَّقتُه، وحدَّثني أبو بكر، وصدَق أبو بكرٍ، عن النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: ما مِن مُسلمٍ يُذنِبُ ذنبًا ثم يتوضَّأُ ويُحسِنُ الوضوءَ، ويُصلِّي ركعتينِ ويَستغفرُ اللهَ، إلَّا غفَرَ اللهُ له)

“Aku dahulu apabila mendengar satu hadis dari Nabi ﷺ, Allah akan memberi manfaat kepadaku dengannya apa-apa manfaat yang Dia kehendaki untukku. Apabila seseorang menyampaikan sesuatu hadis kepadaku, aku akan minta dia bersumpah yang dia telah mendengarnya dari Beliau. Apabila dia bersumpah, aku mempercayainya. Maka Abu Bakar telah menceritakan kepadaku, dan telah benarlah Abu Bakar apa yang diceritakan dari Nabi ﷺ yang bersabda: “Tiada seseorang hamba yang melakukan dosa, kemudian dia berwudhu dan memperelokkan wudhunya, dan menunaikan solat dua rakaat, beristighfar (selepasnya), melainkan Allah akan memberi keampunan untuknya.” (HR. Abu Daud 1521, At-Tirmizi 406, Ibnu Majah 1395 dan Ahmad)

Waktu Sholat Taubat

Sholat taubat bisa dikerjakan kapanpun walaupun di waktu terlarang.

Wallahu a’lam

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular