HomeSholat SunnahSholat Sunnah Setelah Wudhu

Sholat Sunnah Setelah Wudhu

Sholat Sunnah Setelah Wudhu

Sholat sunnah setelah wudhu hukumnya mustahab menurut mayoritas ulama, dikerjakan minimal 2 rokaat.

Dalil-dalil Disunnahkannya Sholat Sunnah Setelah Wudhu

1. Dari ‘Utsman Bin ‘Affan radhiallah ‘anhu dalam hadis wudhu berkata, Nabi ﷺ bersabda,

مَن توضَّأ نحوَ وُضوئِي هذا، ثم قام فرَكَع رَكعتينِ لا يُحدِّثُ فيهما نفْسَه، غُفِرَ له ما تَقدَّم من ذنبِه

“Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, lalu berdiri dan sholat dua rokaat dengan tidak berkata-kata dalam hati, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari 159, Muslim 226)

2. Dari ‘Uqbah bin ‘Aamir Al-Juhaini radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi ﷺ bersabda,

ما من أحدٍ يتوضَّأُ فيُحسنُ الوضوءَ، ويُصلِّي رَكعتينِ، يُقبِلُ بقلبِه ووجهِه عليهما، إلَّا وجبتْ له الجَنَّةُ

“Tidaklah salah satu dari kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian sholat dua rokaat dengan menghadirkan hati dan wajahnya, melainkan ia berhak mendapatkan surga.” (HR. Muslim 234)

4. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi ﷺ pernah berkata kepada Bilal bin Rabah radhiallahu ‘anhu ketika sholat fajar,

يا بلالُ، حدِّثْني بأرْجَى عملٍ عَمِلتَه في الإسلامِ؛ فإنِّي سمعتُ دُفَّ نَعْلَيك بين يَديَّ في الجَنَّة؟ قال: ما عملتُ عملًا أرْجَى عندي: أَنِّي لم أتطهَّرْ طُهورًا، في ساعةِ ليلٍ أو نَهار، إلَّا صليتُ بذلك الطُّهورِ ما كُتِبَ لي أنْ أُصلِّي

“Wahai Bilal, beritahu aku apa yang engkau harapkan dari amalan dalam Islam, karena aku telah mendengar suara terompah kakimu didepanku saat di surga.” Maka Bilal menjawab, “Tidaklah aku mengamalkan sebuah amalan yang paling aku harapkan pahalanya untuk untukku, yaitu aku bersuci (wudhu) dengan sempurna baik diwaktu malam ataupun siang, melainkan aku sholat dengan wudhu itu seusuai apa yang ditetapkan untukku dalam mengerjakan sholat.” (HR. Bukhari 1149, Muslim 2458)

Bolehkan Sholat Sunah Setelah Wudhu Dikerjakan Bagi yang Wudhu Untuk Membaca Al-Quran?

Dalam hal ini Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata,

(إذا توضَّأَ الإنسانُ يُستحبُّ له أن يُصلِّيَ ركعتين، سواء توضَّأ لقراءة القرآن، أو للصلاة، أو لغير ذلك، إذا توضَّأ يُستحبُّ له أن يُصلِّيَ ركعتين في أيِّ وقت) ((فتاوى نور على الدرب)) (11/7).

Apabila seseorang berwudhu maka dianjurkan baginya untuk sholat sunnah dua rokaat. Sama saja apakah wudhu untuk membaca Al-Quran, atau wudhu untuk sholat, atau wudhu untuk selainnya apabila berwudhu disunnahkan baginya sholat dua rokaat di setiap waktu. (Fatawa Nur ‘Ala Ad-Darb 11/7)

Wallahu a’lam.

 

 

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular