HomeKeutamaan SholatSholat Sebagai Tiang Agama

Sholat Sebagai Tiang Agama

SHOLAT SEBAGAI TIANG AGAMA

Dalam sebuah hadis agung nabi menjelaskan keutaman sholat sebagai tiangnya agama,

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: رَأْسُ الْأَمْرِ الْإِسْلَامُ، وَعَمُودُهُ الصَّلَاةُ، وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda: Pokok segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah. HR. Tirmidzi no.2616

Sebuah bangunan membutuhkan tiang, jika tiangnya roboh maka hancurlah bangunan tersebut. Sama halnya dengan Agama ini, pokok pondasinya adalah sholat jika seorang hamba meninggalkan sholat, maka binasalah dia.

Sebagian berdalil dengan menafsirkan hadis ini bahwa siapapun yang mengaku dirinya muslim wajib dia menjalankan sholat, jika dia meninggalkan dengan sengaja dan menyakini tidak wajibnya sholat maka dia terjatuh kepada kekafiran.

*Official Media*
🌏 Web | belajarsholat.com
📺 Instagram : instagram.com/belajarsholatcom
📱 Facebook : facebook.com/belajarsholatcom
📹 Youtube : youtube.com/dakwahfeed

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular