HomeKeutamaan SholatSholat Tepat Waktu Amalan yang Paling Dicintai Allah

Sholat Tepat Waktu Amalan yang Paling Dicintai Allah

Sholat tepat waktu merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah ﷻ, sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi ﷺ

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – قَالَ: سَأَلْتُ النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ –: أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إلَى اللَّهِ؟ قَالَ: الصَّلاةُ عَلَى وَقْتِهَا

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu, ia berkata, ‘Aku bertanya kepada Nabi ﷺ, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau ﷺ menjawab, “Sholat pada waktunya.” [HR. Bukhari no. 527]

Waktu sholat sudah ditentukan oleh syariat Allah dan Rasulnya, dalam situs Kemenag menyebutkan sholat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh tiap-tiap manusia yang sudah berikrar tunduk kepada Allah ﷻ. Dalam Al-Qur’an disebut:

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ

Peliharalah semua salat (fardu) dan salat Wusṭā.75) Berdirilah karena Allah (dalam salat) dengan khusyuk. (Al-Baqarah [2]: 238)

Ayat ini sekalipun tidak menyebut secara eksplisit macam-macam sholat akan tetapi para ulama sependapat bahwa yang dimaksud ialah sholat lima waktu.

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular