Cara Sholat Tarawih dan Witir
Bulan Ramadan adalah bulan yang seorang muslim hendaknya bersemangat memperbanyak ibadah, termasuk sholat malam. Bahkan Islam mensyariatkan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Sebagaimana hadis Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama,
من قام رمضان إيمانا واحتسابا؛ غفر له ما تقدم من ذنبه
“Barangsiapa yang menegakkan sholat di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan rasa harap kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu.”[1]
Syaikh Muhammad Nashiruddin rahimahullahu menjelaskan,
هذا الترغيب وأمثاله بيان لفضل هذه العبادات؛ بأنه لو كان على الإنسان ذنوب تغفر له بسبب هذه العبادات.
“Anjuran ini dan yang semisalnya merupakan penjelasan tentang keutamaan ibadah-ibadah ini. Bahwasanya apabila seseorang memiliki dosa, maka dosanya akan diampuni dengan sebab ibadah tersebut.”[2]
Disebut sholat tarawih karena dalam pengerjaannya diselingi dengan tarwih yaitu istirahat.
Anjuran Mengerjakan Secara Berjamaah
Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ
“Barangsiapa yang sholat tarawih bersama imam sampai selesai, maka dicatat pahala seperti sholat malam semalam suntuk.”[3]
Bahkan wanita pun juga dianjurkan mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah. Syaikh Muhammad Nashiruddin rahimahullahu mengatakan,
“Jika memang masjidnya cukup luas dan tidak dikhawatirkan terjadi fitnah satu sama lain, maka disunnahkan bagi wanita untuk mengikuti sholat tarawih berjamaah di masjid.”[4]
Ath Thahawy rahimahullahu mengatakan,
قد أَجمعُوا أنه لا يجوزُ للنَّاس تعطيلُ المساجِد عن قيام رمضانَ وكانَ هذا القيام واجِبًا على الكِفايَة، فمَن فعَلَه كانَ أفضلَ مِمَّن انفرد به
“Para ulama bersepakat bahwa tidak seharusnya kaum muslimin mengosongkan masjid dari sholat tarawih. Hukum sholat ini hukumnya fardhu kifayah. Lebih utama dikerjakan secara berjamaah dibandingkan sendiri-sendiri.”[5]
Jumlah Bilangan Rakaat Sholat Tarawih dan Witir
Tidak ada batasan pasti tentang jumlah rakaat sholat tarawih. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu menjelaskan,
كما أنَّ نفْس قيام رمضان لم يوقِّت النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم فيه عددًا معينًا
“Sebagaimana yang terjadi di sholat tarawih, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama tidak membatasi dengan jumlah rakaat tertentu.”[6]
Adapun yang disebutkan dalam hadits bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama sholat malam tidak lebih dari 11 atau 13 rakaat[7], dijawab oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu,
لكن كان يُطيل الركعات، فلمَّا جمَعهم عمر على أبي بن كعب كان يُصلِّي بهم عشرين ركعة ثم يوتر بثلاث، وكان يخفُّ القراءة بقدْر ما زاد من الركعات؛
“Kondisinya adalah beliau memanjangkan sholat malamnya (ketika mengerjakan tak lebih dari 11 atau 13 -pent) tadi. Ketika Umar bin Khattab memerintahkan Ubay bin Ka’ab menjadi imam sholat tarawih, maka beliau mengimami manusia dengan 20 rakaat dan ditambah 3 rakaat witir. Acapkali bilangan rakaat ditambah, maka bacaannya diperingan.”[8]
Hal ini didasarkan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama,
صلاةُ الليلِ مَثْنَى مثنَى، فإذا خشِيَ أحدُكم الصبحَ صلَّى ركعةً واحدةً، تُوتِر له ما قدْ صلَّى
“Sholat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika seseorang khawatir masuk waktu Shubuh, maka cukup mengerjakan witir satu rakaat.”[9]
Pendapat mayoritas ulama tentang bilangan rakaat sholat tarawih adalah 20 rakaat. Sebagaimana diungkapkan oleh Ibnu Qudamah rahimahullahu,
والمختار عند أبي عبد الله ( يعني الإمام أحمد ) رحمه الله ، فيها عشرون ركعة ، وبهذا قال الثوري ، وأبو حنيفة ، والشافعي ، وقال مالك : ستة وثلاثون
“Pendapat yang dipilih oleh Imam Ahmad adalah 20 rakaat. Sebagaimana pendapat Imam Abu Hanifah, Imam Asy Syafii, dan Imam Malik mengatakan, 36 rakaat.”[10]
Tata Cara Sholat Tarawih
Lebih utama diselenggarakan dengan dua rakaat dan salam. Sebagaimana tersebut dalam hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha,
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي ما بين أن يفرغ من العشاء إلى الفجر إحدى عشر ركعة يسلم من كل ركعتين
“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama dulu sholat 11 rakaat setelah antara sholat Isya-Fajr dan salam setiap dua rakaat.”[11]
Bacaan Sholat Tarawih
Tidak ada bacaan surat khusus di sholat Tarawih. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama terkadang membaca surat panjang dan terkadang membaca surat pendek. Dalam sebuah hadits, beliau bersabda,
“Barangsiapa yang sholat malam dengan 100 ayat, maka tidak dicatat sebagai orang yang lalai.”[12]
Dan begitulah sifat sholat malam Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama. Beliau memanjangkan sholat malam ketika bersendiri. Dan menganjurkan untuk imam agar memperhatikan kondisi makmumnya. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama bersabda,
إذا ما قام أحدكم للناس فليخفف الصلاة، فإن فيهم [الصغير] والكبير وفيهم الضعيف، [والمريض]، [وذا الحاجة]، وإذا قام وحده فليطل صلاته ما شاء
“Jika kalian mengerjakan sholat berjamaah, maka hendaknya meringankan bacaan sholatnya. Karena di antara makmum mungkin terdapat anak-anak, orang yang sudah tua, orang yang tengah sakit, dan yang memiliki keperluan. Adapun jika sendirian, silahkan panjangkan sholatmu.”[13]
Anjuran Untuk Membaca Qunut di Paruh Kedua Ramadhan
Diperbolehkan membaca doa qunut (baik sebelum atau sesudah ruku) di rakaat terakhir sholat witr di rangkaian sholat tarawih paruh kedua bulan Ramadan.
وحقيقة الأمر: أن قنوت الوتر من جنس الدعاء السائغ في الصلاة، من شاء فعله، ومن شاء تركه ؛ كما يخير الرجل أن يوتر بثلاث، أو خمس، أو سبع، وكما يخير إذا أوتر بثلاث إن شاء فصل، وإن شاء وصل. وكذلك يخير في دعاء القنوت إن شاء فعله، وإن شاء تركه .وإذا صلى بهم قيام رمضان فإن قنت في جميع الشهر فقد أحسن، وإن قنت في النصف الأخير فقد أحسن، وإن لم يقنت بحال فقد أحسن
“Sejatinya qunut witr termasuk keumuman doa di dalam sholat. Barangsiapa yang mengerjakannya maka baik, yang meninggalkannya pun tak mengapa. Sebagaimana orang yang hendak mengerjakan sholat witr 3 rakaat, ia boleh memisah atau menggabungkan. Begitupun dengan qunut. Jika seseorang memilih qunut sepanjang Ramadan, maka tidak masalah, memilih hanya di paruh kedua pun baik, dan meninggalkannya pun tidak berdosa.”[14]
Artikel ini ditulis oleh Ustadz Muhammad Nur Faqih, S.Ag. (Beliau Lulusan STDI Jember Jurusan Hadis, Pengasuh Belajarsholat.com, Tanyahadis.com dan beliau aktif mengisi kajian-kajian ilmiyah di berbagai kota)
_____________________
Footnote:
[1] HR. Bukhari 37 dan Muslim 759.
[2] Shahih at Targhib wat Tarhiib 487.
[3] HR. Ibnu Khuzaimah 2206.
[4] Dikutip dalam Al Mausuah al Fiqhiyyah al Muyassarah 2/152.
[5] Mukhtashar Ikhtilaf al Ulama’ 1/315.
[6] Majmu al Fataawa 22/272.
[7] HR. Bukhari 2013 dan Muslim 837.
[8] Idem.
[9] HR. Bukhari 990 dan Muslim 749.
[10] Al Mughni 1/457.
[11] HR. Ibnu Hibban 2431.
[12] HR. Ibnu Khuzaimah 1143.
[13] HR. Bukhari 703 dan Muslim 467.
[14] Al Fataawa al Kubra 2/119.