Cara Sholat Jamaah Berdua
Dalam hadis shahih yang dikisahkan oleh Kuraib, pelayannya Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, bahwa Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu berkata,
أَنَّهُ بَاتَ عِنْدَ مَيْمُونَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا وَهِيَ خَالَتُهُ قَالَ فَاضْطَجَعْتُ عَلَى عَرْضِ الْوِسَادَةِ وَاضْطَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ وَأَهْلُهُ فِي طُولِهَا فَنَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى انْتَصَفَ اللَّيْلُ أَوْ قَبْلَهُ بِقَلِيلٍ أَوْ بَعْدَهُ بِقَلِيلٍ ثُمَّ اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَجَلَسَ فَمَسَحَ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ ثُمَّ قَرَأَ الْعَشْرَ آيَاتٍ خَوَاتِيمَ سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ ثُمَّ قَامَ إِلَى شَنٍّ مُعَلَّقَةٍ فَتَوَضَّأَ مِنْهَا فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَقُمْتُ فَصَنَعْتُ مِثْلَ مَا صَنَعَ ثُمَّ ذَهَبْتُ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ فَوَضَعَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى رَأْسِي وَأَخَذَ بِأُذُنِي الْيُمْنَى يَفْتِلُهَا بِيَدِهِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَوْتَرَ ثُمَّ اضْطَجَعَ حَتَّى جَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الصُّبْحَ
Bahwa dia (Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu) pada suatu malam bermalam di rumah Maimunah Ummul Mu’minin radliallahu ‘anha, dia adalah bibinya, katanya: “Maka aku berbaring di sisi bantal bagian lebar, sementara Nabi ﷺ dan keluarganya pada bagian panjang, lantas Rasulullah ﷺ tidur hingga pada tengah malam kurang sedikit atau lewat sedikit, Beliau ﷺ bangun lalu sambil duduk Beliau mengusap (sisa) tidur pada wajahnya dengan tangannya. Kemudian membaca sepuluh ayat terakhir dari Surah Ali ‘Imran. Kemudian berdiri menuju tempat wudhu’ lalu Beliau berwudhu’ dengan sebaik-baiknya, kemudian sholat”. Berkata, Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhu, “Maka aku pun bangun dan aku lakukan seperti yang Beliau ﷺ lakukan. Lalu aku menuju kepadanya dan berdiri di samping (dalam riwayat lain sebelah kiri) nya. Maka Beliau meletakkan tangan kanannya di kepalaku seraya memegang telingaku hingga menggeserku ke sebelah kanannya. Kemudian Beliau sholat dua raka’at, kemudian dua raka’at, kemudian dua raka’at, kemudian dua raka’at, kemudian witir (ganjil) kemudian berbaring hingga datang kepadanya mu’adzin (mengumandangkan adzan). Maka Beliau sholat dua raka’at dengan ringan lalu keluar untuk menunaikan sholat Shubuh.” (HR. Bukhari 1198, Muslim 763)
Pada kalimat,
فَوَضَعَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى رَأْسِي وَأَخَذَ بِأُذُنِي الْيُمْنَى يَفْتِلُهَا بِيَدِهِ
Maka Beliau meletakkan tangan kanannya di kepalaku seraya memegang telingaku hingga menggeserku ke sebelah kanannya.
Menunjukkan bahwa Nabi sholat berjamaah berdua bersama Ibnu Abbas dan Beliau menghendaki Ibnu Abbas sholat di samping kanannya.
Dari hadis diatas sebagian ulama’ menyimpulkan jika imam dengan hanya satu makmum laki-laki, maka disunnahkan makmum sejajar disebelah kanan imam. Dan ini dikuatkan sebuah atsar lain dari Nafi’,
قُمْتُ وَرَاءَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ فِي صَلاَةٍ مِنَ الصَّلَوَاتِ، وَلَيْسَ مَعَهُ أَحَدٌ غَيْرِي. فَخَالَفَ عَبْدُ اللهِ بِيَدِهِ، فَجَعَلَنِي حِذَاءَهُ عَنْ يَمِينِهِ
Saya berdiri di belakang Abdullah bin Umar ketika melaksanakan satu sholat tertentu. Dan tidak ada seorang pun bersama Ibnu Umar selain aku. Kemudian tangan Abdullah bin Umar menggayuh ke belakang, dan menarikku sejajar beliau di sebelah kanan beliau. (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, 443)
Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi Al-Hambali menyebutkan,
وإذا كان المأموم واحدًا ذكرًا، فالسنة أن يقف عن يمين الإمام، رجلًا كان أو غلامًا
Apabila makmun seorang saja, maka sunnahnya berdiri di samping kanan imam. Baik dewasa maupun anak-anak yang sudah baligh. (Al-Mughni, 2157)
Syaikh Ibnu Ustaimin saat ditanya tentang posisi makmum sendiri bersama imam, beliau menjawab
وأما ما ذكره بعض أهل العلم من أن الإمام يتقدم قليلاً عن المأموم في هذه الحال، فإنه لا وجه له من السنة، بل السنة تدل على خلافه
Adapun apa yang disebutkan oleh ahli ilmu dimana imam harus maju sedikit dari makmum dalam masalah ini, sesungguhnya tidak ada dasarnya dari sunnah. Tetapi sunnah menyatakan sebaliknya. (Fatawa Nur ‘Ala Ad-Darb 137)
Makmum Mundur Sedikit Di belakang Imam Sholatnya Jamaahnya Batal?
Lalu bagaimana jika makmum posisinya agak mundur dibekalang imam? Mari kita simak hadis lainnya yang diriwayatkan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu,
عن ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَتَيْتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَصَلَّيْتُ خَلْفَهُ فَأَخَذَ بِيَدِي فَجَرَّنِي فَجَعَلَنِي حِذَاءَهُ فَلَمَّا أَقْبَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَلَى صَلاتِهِ خَنَسْتُ فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ لِي مَا شَأْنِي أَجْعَلُكَ حِذَائِي فَتَخْنِسُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ أَوَيَنْبَغِي لِأَحَدٍ أَنْ يُصَلِّيَ حِذَاءَكَ وَأَنْتَ رَسُولُ اللهِ الَّذِي أَعْطَاكَ اللهُ قَالَ فَأَعْجَبْتُهُ فَدَعَا اللهَ لِي أَنْ يَزِيدَنِي عِلْمًا وَفَهْمًا. رواه أحمد وابو يعلى وصححه الحاكم.
Ibnu Abbas berkata: “Aku mendatangi Rasulullah ﷺ pada akhir malam, lalu aku sholat (bermakmum) di belakang beliau. Lalu beliau mengambil tanganku, menarikku, hingga menjadikanku lurus dengan beliau. Setelah itu Rasulullah ﷺ sholat, lalu aku mundur dan Rasulullah ﷺ masih sholat sholat. Ketika beliau selesai, beliau bertanya: “Ada apa dengan diriku? Aku luruskan kamu denganku, tetapi engkau malah mundur.” Aku menjawab: “Wahai Rasulullah, apakah pantas bagi seseorang menunaikan sholat, berdiri lurus dengan engkau, sedangkan engkau adalah Rasulullah yang telah diberi anugerah oleh Allah.” Lalu beliau kagum dengan jawabanku. Lalu beliau berdoa kepada Allah agar menambah ilmu dan kecerdasanku.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la, dan Al-Hakim menilainya shahih).
Syaikh Nasharudin Al-Albani juga berpendapat hadis diatas shahih dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-shahihah. Namun beliau mengomentari terkait hukum bahwa yang lebih utama adalah makmum sejajar dengan imam dan tidak boleh mundur sedikit di belakang imam.
Dalam madzhab Syafi’i diperbolehkan bagi makmum yang sendiri mundur sedikit di belakang imam, sebagaimana keterangan dari Imam An-Nawawi,
السُّنة أن يقف المأموم الواحد عن يمين الإمام رجلًا كان أو صبيًّا، قال أصحابنا: ويستحب أن يتأخر عن مساواة الإمام قليلًا، فإن خالف ووقف عن يساره أو خلفه استحب له أن يتحول إلى يمينه، ويحترز عن أفعال تبطل الصلاة، فإن لم يتحول استحب للإمام أن يحوله لحديث ابن عباس رضي الله عنهما، فإن استمر على اليسار أو خلفه كره وصحت صلاته عندنا بالاتفاق
Sunah bagi makmum yang sendiri berada di sebelah kanan imam, baik dewasa atau anak kecil. Ulama Syafi’iyah menganjurkan makmum mundur sedikit dari imam. Adapun jika posisi makmum di sebelah kiri imam atau di belakangnya, maka dianjurkan untuk pindah ke kanan. Namun hendaknya dia hati-hati gerakannya bisa membatalkan sholat. Jika makmum tidak mau pindah, maka imam dianjurkan untuk memindah makmum sebagaimana dalam hadis Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma. Jika makmum (tidak mau) tetap di kiri dan di belakang imam hukumnya makruh, namun sholatnya tetap sah di sisi madzhab kami. (Al-Majmu’ 4/291, cet. Darul Fikri)
Ringkasan:
- Jika sholat jamaah dengan satu makmum, maka sunnahnya posisi makmum sejajar di samping kanan imam.
- Boleh posisi makmum mundur sedikit di belakang imam, namun tetap di samping kanan imam.
- Makruh hukumnya makmum sebelah kiri imam atau di belakang imam.
- Imam boleh menarik makmum untuk pindah posisi jika makmum salah tempat, dengan syarat hati-hati dalam gerakan yang membatalkan sholat.
- Imam dan makmum sejajar dalam kondisi jenis kelamin sama.
Wallahu a’lam.
Referensi bacaan:
- dar-alifta.org/ar/fatawa/17675/كيفية-وقوف-الماموم-مع-الامام-اذا-كان-الماموم-فردا-واحدا
- https://binothaimeen.net/content/8431
- https://www.islamweb.net/ar/library/index.php?page=bookcontents&idfrom=2377&idto=2390&bk_no=14&ID=1466
- https://islamqa.info/ar/answers/13678/
- https://shamela.ws/book/9849/390
- https://shamela.ws/book/21677/682