HomeSholat SunnahSholat Fajar Sholat Qabliyah Subuh Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya

Sholat Fajar Sholat Qabliyah Subuh Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan dan Pahala Sholat Sunnah Fajar

Sholat fajar disebut juga dengan istilah sholat sunnah qobliyah (sebelum) subuh. Sholat rawatib ini termasuk sunnah muakkad dan ulama’ empat madzhab bersepakat dalam hal ini.

Dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan sholat fajar.

Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha

لم يكُنِ النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم على شيءٍ مِن النوافلِ أَشدَّ تعاهُدًا منْه على رَكعتَي الفجرِ

Tidak ada sholat sunah yang lebih dijaga oleh Nabi ﷺ dibandingkan dua rokaat (sebelum) Fajar. (HR. Bukhari 1169, Muslim 724)

Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwasnya Nabi ﷺ bersabda,

ركعتَا الفجرِ خيرٌ من الدُّنيا وما فيها

Dua rokaat sebelum fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya. (HR. Muslim) dalam riwayat lain,

لَهُمَا أحَبُّ إليَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا

Dua rokaat lebih aku cintai daripada dunia dan seisinya.

Dan juga hadis dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha,

صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ ثُمَّ صَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ وَرَكْعَتَيْنِ جَالِسًا وَرَكْعَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءَيْنِ وَلَمْ يَكُنْ يَدَعْهُمَا أَبَدًا

“Nabi ﷺ senantiasa mengerjakan sholat ‘Isya’ kemudian sholat malam delapan raka’at dan dua raka’at dengan duduk dan dua raka’at antara dua adzan dan tidaklah Beliau pernah meninggalkannya”. (HR. Bukhari 1159)

Tatacara Sholat Sunnah Fajar atau Qabliyah Subuh

– Sholat fajar berjumlah 2 rokaat, dan dikerjakan secara ringan.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha,

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُخفِّفُ الركعتينِ اللَّتينِ قَبلَ صَلاةِ الصُّبحِ، حتى إنِّي لأقولُ: هل قرأَ بأمِّ الكتابِ؟

Nabi ﷺ meringankan 2 rokaat sholat sebelum subuh, sampai-sampai aku berkata, “Apakah beliau membaca Al-Fatihah saja?” (HR. Bukhari)

Dari Hafshoh radhiallahu ‘anha

كَانَ إذَا أذَّنَ المُؤَذِّنُ لِلْصُّبْحِ وَبَدَا الصُّبْحُ، صَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ

Apabila muazzin sudah beradzan Subuh -yakni fajar shadik- sudah terbit, beliau ﷺ lalu sholat dua rokaat yang ringan.” (Muttafaqun ‘Alaih)

– Disunnahkan di rokaat pertama membaca surah Al-Kafirun, dan rokaat kedua surah Al-Ikhlash.

وعن أبي هريرة – رضي الله عنه: أنَّ رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – قرأ في رَكْعَتَي الفَجْرِ: {قُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ} وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah ﷺ itu membaca dalam kedua rokaat fajar, yaitu: Qul ya ayyuhal kafirun -untuk rokaat pertama- dan Qul huwallahu ahad -untuk rokaat kedua-. (Riwayat Muslim)

وعن ابن عمر رضي الله عنهما، قَالَ: رَمَقْتُ النَّبيَّ – صلى الله عليه وسلم – شَهْرًا فَكَانَ يَقْرَأُ في الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الفَجْرِ: {قُلْ يَا أيُّهَا الْكَافِرُونَ} وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} »

Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Saya melihat Nabi ﷺ selama sebulan, beliau ﷺ dalam dua rokaat sebelum Subuh itu membaca: Qul ya ayyuhal kafirun -untuk rokaat pertama- dan Qul huwallahu ahad -untuk rokaat kedua-.” (HR. Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah hadis hasan)

– Bisa juga di rokaat pertama membaca QS. Al-Baqarah 136 atau QS. Ali Imron 64.

عن ابن عباسٍ رضي الله عنهما: أنَّ رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَقْرَأُ في رَكْعَتَي الفَجْرِ في الأُولَى مِنْهُمَا: {قُولُوا آَمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا} [البقرة: 136] الآية الَّتي في البقرة، وفي الآخِرَةِ مِنْهُمَا: {آَمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ} [آل عمران: 52]. وفي رواية: وفي الآخِرَةِ الَّتي في آل عِمْران: {تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ} [آل عمران: 64]

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah ﷺ itu dalam rokaat pertama dari dua rokaat fajar – sebelum Subuh – itu membaca: Qulu amanna billahi wa ma unzila ilaina, yaitu ayat dalam surat Al-Baqarah -ayat 136- dan di rokaat akhirnya membaca: Amanna billahi wasyhad bianna muslimun -surat ali-Imran ayat 52-. Dalam riwayat lain disebutkan: “Dalam rokaat akhirnya membaca: “Ta’alau ila kalimatin sawain bainana wa bainakum -surat ali-Imran ayat 64-. (HR. Muslim)

– Berbaring sejenak setelah sholat fajar.

Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم إذا صلَّى ركعتَي الفجرِ اضطجَعَ على شِقِّه الأيمنِ

Nabi ﷺ apabila selesai sholat 2 rokaat fajar, beliau berbaring (miring) diatas badannya yang kanan. (HR. Bukhari 1160)

Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha,

فَإِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ بِالْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ

Apabila muadzin telah selesai mengumandangkan adzan yang pertama untuk sholat Shubuh, Beliau ﷺ berdiri sholat dua rokaat secara singkat, lalu berbaring ke sebelah kanan, sampai datang muadzin.” (Muttafaq ‘Alaih)

Namun para ulama’ berbeda pendapat terkait sunnahnya berbaring setelah sholat fajar. Dalam kalangan Syafiiyah hukumnya sunnah

يُسن عند الشافعيَّة أنْ يضطجع بعد سُنَّة الفجر قبل الفريضة فإنْ لم يفعل فَصَلَ بينهما. يُنظر: ((المجموع)) للنووي (4/27)، ((روضة الطالبين)) للنووي (1/338).

Dalam Syafi’iyah disunnahkan berbaring sejenak setelah sholat sunnah fajar sebelum sholat subuh. Jika tidak mengerjakan, maka bisa tersambung kedua (sholat fajar dan sholat subuh). (Al-Majmu’ An-Nawawi 1/338, Raudhotut tholibin An-Nawawi 4/27)

قال ابنُ قُدامةَ: (يُستحبُّ أن يضطجع بعد ركعتي الفجر على جنبِه الأيمن، وكان أبو موسى ورافع بن خديج، وأنس بن مالك يَفعلونه). ((المغني)) (2/94)

Berkata Ibnu Qudamah, “Disunnahkan berbaring sejenak sesudah dua rokaat fajar. yaitu berbaring miring diatas tubuh bagian kanan. Dan adalah Abu Musa, Rafi’ bin Khudij, dan Anas bin Malik mereka mengamalkannya.” (Al-Mughny 2/94)

Namun banyak juga para ulama berpendapat tidak disunnahkan berbaring setelah sholat fajar, bahkan menghukuminya makruh.

قال ابن بَطَّال: (وذهَب جمهورُ العلماء إلى أنَّ هذه الضجعة إنما كان يفعلها للراحةِ مِن تعَبِ القيام، وكرهوها) ((شرح صحيح البخاري)) (3/151)

Ibnu Baththol berkata, “Mayoritas ulama berpendapat bahwa berbaring hanya dilakukan untuk istirahat dari rasa lelah saat sholat malam, dan perbuatan ini makruh. (Syarah Shahih Al-Bukari 3/151)

Wallahu a’lam.

Artikel ini masih banyak kekurangannya, kritik dan saran ilmiyah ke redaksi: admin @ belajarsholat.com

TIM REDAKSI BELAJARSHOLAT.COM

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular