HomeHukum Seputar SholatHukum Alat Timer Waktu Iqomah Sholat Apakah Boleh Dibatasi?

Hukum Alat Timer Waktu Iqomah Sholat Apakah Boleh Dibatasi?

Timer Iqomah Sholat Apakah Boleh Dibatasi?

Iqomah sholat tidak memiliki waktu tertentu, tetapi harus perhatikan hal-hal berikut ini:

Ketika seseorang sendirian, atau seorang perempuan yang sedang melaksanakan sholat dirumahnya,maka sesungguhnya lebih baik menyegerakan sholat diawal waktunya kecuali waktu isya’ dan waktu dzuhur ketika panas terik, maka lakukanlah sholat sunnah qabliyah setelah itu laksanakanlah sholat wajib, dan ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari(527) dan Muslim(85)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ : سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ ؟ قَالَ : الصَّلاةُ عَلَى وَقْتِهَا . قَالَ : ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ : ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ . قَالَ : ثُمَّ أَيٌّ ؟ قَالَ : الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ .
ولقول النبي صلى الله عليه وسلم : ( إذا اشتد الحر فأبردوا بالصلاة [يعني : صلاة الظهر] فإن شدة الحر من فيح جهنم )

Dari abdullah bin mas’ud رضي الله عنه beliau telah berkata: aku telah bertanya kepada Nabi ﷺ amalan apa saja yang dicintai oleh ALLAH? beliau bersabda: sholat pada waktunya. Ibnu Mas’ud berkata: kamudian apa? Beliau bersabda: kemudian berbakti kepada orang tua. Ibnu Mas’ud berkata: kemudian apa? Beliau bersabda: Berjihad (berjuang) di jalan ALLAH. Dan Nabi ﷺ menyampaikan: (ketika panasnya terik maka mendinginkannya dengan sholat [yakni: sholat dzuhur] sesungguhnya keadaan amat panas itu dari bau jahannam (neraka). (HR. Bukhari 537, Muslim 615)

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,

(لولا أن أشق على أمتي لأمرتهم أن يؤخروا العشاء إلى ثلث الليل ، أو نصفه)

Andaikata tidak memberatkan atas umatku, sunggguh aku memerintahkan mereka mengakhirkan sholat isya’ sampai sepertiga malam atau setengahnya. (HR. At-Tirmizi 167)

Adapun jamaah di masjid,Maka hendaknya ada waktu yang cukup antara adzan dan iqamat untuk menyucikan diri, kemudian pergi ke masjid, dan menunaikan sholat rawatib.

قال الشيخ سيد سابق رحمه الله في “فقه السنة” (1/100) : “يطلب الفصل بين الأذان والإقامة بوقت يسع التأهب للصلاة وحضورها ، لأن الأذان إنما شرع لهذا . وإلا ضاعت الفائدة منه ، والأحاديث الواردة في هذا المعنى كلها ضعيفة . وقد ترجم البخاري : باب “كم بين الأذان والإقامة” ، ولكن لم يثبت التقدير . قال ابن بطال : لا حد لذلك غير تمكن دخول الوقت واجتماع المصلين” انتهى .

Syekh Sayyid Sabeq,رحمه الله, berkata dalam Fiqh al-Sunnah (1/100): Jeda antara adzan dan iqomah diperlukan pada waktu yang memungkinkan untuk persiapan sholat dan menghadirinya, karena syariat adzan untuk tujuan tersebut. Dan jika tidak dengan tujuan itu, maka manfaatnya hilang. Adapun hadis-hadis masalah ini seluruhnya dhaif. Al-Bukhari: Bab tentang “Berapa lama waktu antara adzan dan iqomah”, tetapi perkiraan waktunya tidak ditentukan secara spesifiki. Ibnu Bathal berkata: Tidak ada batasan masuknya waktu dan berkumpulnya orang-orang yang masu sholat (jamaah).”

وقال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري” (2/126) تعليقاً على قول الإمام البخاري : كم بين الأذان والإقامة : قال :

Dan Al-Hafiz Ibnu Hajar rahimahullah berkata dalam FathulBari (2/126), mengomentari perkataan Imam al-Bukhari: Berapa lama waktu antara adzan dan iqomah: Beliau berkata:

“وَلَعَلَّهُ أَشَارَ بِذَلِكَ إِلَى مَا رُوِيَ عَنْ جَابِر أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِبِلَالٍ : (اِجْعَلْ بَيْنَ أَذَانِك وَإِقَامَتك قَدْرَ مَا يَفْرُغ الْآكِلُ مِنْ أَكْلِهِ ، وَالشَّارِب مِنْ شُرْبِهِ ، وَالْمُعْتَصِر إِذَا دَخَلَ لِقَضَاءِ حَاجَتِهِ) أَخْرَجَهُ التِّرْمِذِيّ وَالْحَاكِم لَكِنْ إِسْنَادُهُ ضَعِيفٌ , وَلَهُ شَاهِد مِنْ حَدِيث أَبِي هُرَيْرَة وَمِنْ حَدِيث سَلْمَانَ أَخْرَجَهُمَا أَبُو الشَّيْخ وَمِنْ حَدِيث أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَخْرَجَهُ عَبْد اللَّه بْن أَحْمَد فِي زِيَادَات الْمُسْنَد وَكُلُّهَا وَاهِيَةٌ , فَكَأَنَّهُ أَشَارَ إِلَى أَنَّ التَّقْدِير بِذَلِكَ لَمْ يَثْبُت” انتهى .

Mungkin dia mengacu pada apa yang diriwayatkan oleh Jabir bahwa Nabi ﷺ bersabda kepada Bilal: (Jadikanlah jarak antara adzan dan iqamatmu sekadar dengan seorang yang makan hingga selesai makannya, orang yang minum hingga selesai minummnya, orang yang buang hajat dapat menyelesaikan hajatnya) dikeluarkan oleh Tirmidzi dan al-Hakim, tetapi sanadnya lemah, dan ini memiliki syahid dari hadits Abu Hurairah dan dari hadits Salman ditakhrij keduanya oleh Abu Al-Sheikh dan dari hadits Ubay Ibn Ka’ab yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dalam sanad semuanya lemah, seolah-olah dia menunjukkan isyarat penetapan waktu ini tidak terbukti. Akhiri kutipan.

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya: Apakah Rasulullah ﷺ menetapkan waktu antara adzan dan iqomah?
Beliau menjawab:

“كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي الصلاة في أول الوقت إلا العشاء الآخرة، فإنه كان ينظر إلى اجتماع الناس إذا رآهم اجتمعوا عجَّل، وإذا رآهم أبطؤوا أخَّر، وكان يبقى في البيت حتى يأتيه المؤذن فيعلمه بحضور الصلاة ، وربما خرج إليها بدون إعلام.

Nabi ﷺ biasa melaksanakan sholat di awal waktunya, kecuali Isya’ diakhirkan, karena beliau biasa melihat berkumpulnya orang-orang. Jika melihat manusia sudah berkumpul maka segera iqomah, namun apabila sedikit-sedikit maka diakhirkan. Dan beliau terbiasa berdiam dulu di rumah sampai muadzin mengetahui kehadiran beliau untuk sholat. Dan bisa jadi beliau keluar tanpa pemberitahuan.

فالسنة تعجيل جميع الصلوات إلا العشاء وإلا الظهر عند اشتداد الحر، ولكن الصلوات التي لها نوافل راتبة كالفجر والظهر ينبغي للإنسان أن يراعي حال الناس بحيث يتمكنون من الوضوء بعد الأذان ومن صلاة هذه الراتبة” انتهى .
“مجموع فتاوى الشيخ محمد صالح العثيمين” (12/190) .

Maka sunnahnya adalah mempercepat semua sholat kecuali Isya dan Zuhur ketika panas terik. Tetapi sholat yang ada sholat sunnahnya, seperti Subuh dan Zuhur, hendaknya memperhatikan keadaan orangnya, agar mereka bisa berwudhu setelah adzan dan sholat rawatib. Majmu’ Fatwa Syekh Muhammad Shalih al-‘Utsaimin (190/12).

وإن اتفق جماعة المسجد على إقامة الصلاة في وقت محدد ، أو كان ذلك بتوجيه مسئولي الأوقاف ، منعا للاختلاف ، فلا بأس ، وينبغي التقيد به .
والله أعلم .

Jika jamaah di masjid bersepakat untuk mendirikan sholat pada waktu tertentu, atau ditentukan oleh orang yang mengurus wakaf, untuk mencegah perselisihan, maka hal itu tidak mengapa, dan itu harus dipatuhi.

والله أعلم

Diterjemahkan oleh Akh. Wildan Karim
https://islamqa.info/ar/answers/97009/

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular