HomeAdabMengobati Was-was Dalam Sholat

Mengobati Was-was Dalam Sholat

Mengobati Was-was Dalam Sholat

Sahabat pembaca Belajarsholat.com kali ini kita akan membahas Cara Mengobati Was-was Dalam Sholat.

Jadi, pernahkah Anda merasa was-was dalam sholat?

Perlu diketahui, was-was mempunyai beberapa level; ada yang levelnya ringan misalnya lupa jumlah rokaat, ada pula yang level berat sampai mengulang-ulang lafadz yang tidak ada habisnya hingga berjam-jam.

Was-was merupakan bentuk ganggungan psikologis bahkan bisa jadi termasuk gangguan setan. Dahulu ada sahabat yang pernah was-was dalam sholat, apakah sudah kentut atau tidak. Sehingga beliau mengadu kepada Nabi ﷺ, lalu Beliau bersabda,

إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ أَمْ لَا فَلَا يَخْرُجَنَّ مِنَ الْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

“Apabila salah seorang diantara kalian merasakan sesuatu dalam perutnya, lalu dia kesulitan menentukan apakah sudah keluar sesuatu (kentut) ataukah belum, maka jangan membatalkan shalatnya sampai dia mendengar suara atau mencium bau.” (HR. Muslim : 362)

Dalam kasus diatas Rasulullah ﷺ memberikan arahan agar sahabat tersebut menghilangkan was-was dengan menghadirkan rasa YAKIN dengan bukti-bukti yang dirasakan serta membuang jauh-jauh perasaan ragu-ragu.

Sehingga para ulama membuat kaidah ushul,

الْيَقِيْنُ لَا يُزَالُ بِالشَّكِّ

“Sesuatu yang yakin tidak bisa hilang dengan keraguan.”

Artinya, jika seseorang sudah yakin mengerjakan perbuatan maka tidak bisa hilang/batal hanya karena ragu-ragu.

Bahkan ada kejadian juga dialami seorang sahabat lainnya yang merasakan was-was, yang menyebabkan terganggunya bacaan sholat. Adalah Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu, beliau bertanya kepada Nabi

يا رَسولَ اللهِ، إنَّ الشَّيْطَانَ قدْ حَالَ بَيْنِي وبيْنَ صَلَاتي وَقِرَاءَتي؛ يَلْبِسُهَا عَلَيَّ

Wahai Rasulallah, sesungguhnya setan telah mengganggu dalam sholat dan bacaanku,

فَقالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: ذَاكَ شيطَانٌ يُقَالُ له: خَنْزَبٌ، فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ باللَّهِ منه، وَاتْفِلْ علَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا

Lalu Rasulullah ﷺ bersabda, “Itulah setan yang disebut Khonzab (dalam riwayat lain; Khinzib), apabila engkau merasakan gangguannya maka berlindunglah kepada Allah darinya dan meludahlah (tiuplah) kekiri 3 kali.”

قالَ: فَفَعَلْتُ ذلكَ، فأذْهَبَهُ اللَّهُ عَنِّي

Utsman berkata, “Maka aku mengerjakannya dan Allah hilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim 2203)

Dari beberapa hadis diatas kita bisa mengambil hikmah cara Mengobati Was-was Dalam Sholat:

  1. Menanamkan keyakinan dalam diri, dan membuang sejauh mungkin was-was tersebut.
  2. Selalu berlindung kepada Allah tatkala ada gangguan was-was.
  3. Bahkan disunnahkan untuk meludah 3 kali ke arah kiri, atau bisa juga cukup dengan meniup tatkala kondisi berjamaah atau dalam masjid.
Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular