HomeSholat SunnahSholat Sunnah Qabliyah 'Isya'

Sholat Sunnah Qabliyah ‘Isya’

Sholat Sunnah Qabliyah (Sebelum) ‘Isya’

Sholat sunnah qabliyah (sebelum) ‘Isya’ adalah ghairu muakkadah yang dikerjakan antara adzan dan iqamah. Sebagaimana hadis dari Nabi ﷺ,

بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ، بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ، بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ، ثم قال في الثالثة: لِمَن شاءَ

Antara setiap adzan dan iqomat ada sholat, Antara setiap adzan dan iqomat ada sholat, kemudian ketiga kalinya Beliau mengatakan, “Bagi siapa yang menghendaki.” (HR. Bukhari 627, Muslim 838)

Berkata Syaikh Ibnu Baaz
Disyariatkan sholat sunnah 2 rokaat qabliyah (sholat fardhu) yaitu, qabliyah Isya’, qabliyah maghrib, qabliyah ‘ashr, qabliyah dzuhur, qabliyah shubuh. Para shahabat Nabi sholat sunnah 2 rokaat qabliyah maghrib antara adzan dan iqamat dan ini lebih utama, begitu pula waktu isya’ apabila selesai adzan sholat sunnah 2 rokaat karena Nabi ﷺ bersabda,

بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ، بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ، بين كلِّ أذانينِ صلاةٌ

Antara setiap adzan dan iqomat ada sholat, Antara setiap adzan dan iqomat ada sholat.

Di antara dua adzan ini telah masuk waktu Isya’ maka disunnahkan bagi orang yang duduk di masjid atau yang baru datang untuk sholat sunnah 2 rokaat qabliyah Isya untuk menunaikan hak-hak mereka saat berada di masjid, dan disunnahkan bagi yang masuk masjid untuk sholat tahiyatul masjid. (Fatawa Nuur ‘Ala Ad-Darbi, 10/329-330)

Namun seandainya menambahkan sholat lebih dari 2 rokaat insya Allah tidak mengapa, karena antara adzan dan iqamat adalah waktunya sholat, berdzikir dan berdoa.

Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah,

” قَوْلُهُ (صَلَاةٌ) أَيْ وَقْتُ صَلَاةٍ ، أَوِ الْمُرَادُ : صَلَاةٌ نَافِلَةٌ : أَوْ نُكِّرَتْ لِكَوْنِهَا تَتَنَاوَلُ كُلَّ عَدَدٍ نَوَاهُ الْمُصَلِّي مِنَ النَّافِلَةِ : كَرَكْعَتَيْنِ أَوْ أَرْبَعٍ أَوْ أَكْثَرَ … ” انتهى .

Kalimat صَلَاةٌ (dalam hadis) yaitu waktu sholat, maksudnya adalah sholat nafilah. Atau kata berbentuk nakirah yang menunjukkan bilangan dari orang yang berniat sholat nafilah baik 2 rokaat, 4 rokaat ataupun lebih. (Fathul Bari, 1,107)

Wallahu a’lam.

Artikel ini masih banyak kekurangannya, kritik dan saran ilmiyah ke redaksi: admin @ belajarsholat.com

TIM REDAKSI BELAJARSHOLAT.COM

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

Most Popular