HomeAdabHukum Tidur Di Masjid

Hukum Tidur Di Masjid

BENARKAH DILARANG TIDUR DI MASJID ?

Pernah terdengar DKM melarang jamaahnya tidur di masjid. Benarkah hukum tidur di masjid haram?

Pembaca yang budiman.. Dahulu para sahabat sering tidur di masjid, apalagi ketika mengharuskan iktikaf di bulan Ramadhan.
Sebagaimana dalam hadis dibawah ini,

أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يَنَامُ وَهُوَ شَابٌّ أَعْزَبُ لاَ أَهْلَ لَهُ فِي مَسْجِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

Abdullah bin Umar mengabarkan kepadaku bahwa ia pernah tidur di masjid Nabi ketika dia masih pemuda, lajang dan belum berkeluarga. (HR. Bukhari: 440)

Jadi hukum asal tidur di masjid adalah boleh.

Hanya saja ada kondisi yang menyebabkan DKM melarang tidur di masjid dengan alasan tidur masjid bikin karpet kotor, takut terjadi pencurian dll.

Namun tugas DKM wajib meminimalisir alasan diatas, sehingga tidak ada alasan untuk melarang jamaah tidur di masjid.

Fatwa Syaikh Bin Baz Terkait Hukum Tidur di Masjid

Tanya: Apa hukum tidur di masjid?

Jawab:

النوم في المسجد لا حرج فيه ولا بأس به، فهي بيوت الله أقيمت للعبادة، والنوم لا يمنع في ذلك، فقد يكون النوم عبادة إذا أريد به التقوية على طاعة الله , وقد نام الصحابة في مسجد النبي ﷺ أهل الصفة وغيرهم

Tidur di masjid tidak ada masalah dan tidak mengapa. Masjid adalah rumah Allah yang didirikan untuk beribadah, dan tidak dilarang untuk tidur. Tidur boleh jadi sebagai bentuk ibadah jika untuk memperkuat dalam ketaatan kepada Allah.
Para sahabat radhiallahu ‘anhum tidur di masjid Nabawi baik ahlus sufah (tamu) dan selainnya.

ونام علي في المسجد لما صار بينه وبين زوجته بعض الشيء، فجاءه النبي ﷺ وهو في المسجد فأيقظه , وقال له: قم أبا تراب .. قم أبا تراب لما رأى التراب عليه عليه الصلاة والسلام، وكان ابن عمر ينام في المسجد بعض الأحيان، فالحاصل أنه لا حرج في ذلك.

Dan Ali radhiallahu ‘anhu pun pernah tidur di masjid tatkala ada sedikit persoalan dengan istrinya. Maka Nabi ﷺ datang membangunkan Ali. Dan Nabi bersabda, “Bangunlah wahai Abu Turob, bangunlah wahai Abu Turob,” Karena terlihat di tubuh Ali ada tanah. Bahkan Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma terkadang juga tidur di masjid.

Maka kesimpulannya adalah tidak masalah tidur di masjid.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/5573/حكم-النوم-في-المسجد

**

Yuk Share

*Official Media*

🌏 Web | belajarsholat.com
🌏 Support | belajarsholat.com/donasi
📺 Instagram : instagram.com/belajarsholatcom
📱 Facebook : facebook.com/belajarsholatcom
📹 Youtube : youtube.com/dakwahfeed

Redaksi Belajarsholat.com
Redaksi Belajarsholat.comhttps://belajarsholat.com
Belajarsholat.com adalah website yang berisi pembelajaran tentang belajar tatacara sholat A-Z, bertujuan untuk mempermudah kaum muslimin belajar fikih sholat, termasuk permasalahan-permasalan kontempoterer yang berkaitan dengan sholat.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular